IKI dan ABKIN Peduli Bencana

  • 02 Juli 2016
  • IKI
  • 927 view
  • Administrator

Kamis, 30 Juli 2016 Ikatan Konselor Indonesia (IKI) bekerjasama Pengurus Daerah Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan peduli bencana di Purworejo dan Kebumen. Konselor Kusnarto Kurniawan selaku perwakilan dari IKI yang juga merupakan Sekretaris Umum IKI dan Drs. Sunu Pancariatno, M.Pd selaku perwakilan dari ABKIN Provinsi Jawa Tengah terjun langsung ke lokasi bencana bersama tim dan memberikan bantuan.

 

Kegiatan peduli bencana tersebut meliputi pemberian bantuan berupa uang dan bingkisan lebaran kepada para korban. Bantuan khusus berupa konseling krisis kepada para korban bencana baik bencana banjir dan tanah longsor kepada Orang Tua, remaja, dan anak-anak.Kegiatan peduli bencana tersebut merupakan salah satu program yang dilakukan antara IKI dengan Pengurus Daerah ABKIN Provinsi Jawa Tengah. Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) sangat merespon dan menyambut baik program IKI dan ABKIN tersebut karena masyarakat sekitar yang menjadi korban bencana sangat membutuhkan layanan konseling, khususnya konseling krisis yang secara profesional ditangani oleh konselor. Dikpora memberikan fasilitas kepada IKI dan ABKIN untuk kegiatan konseling krisis terutama yang dilakukan pada remaja dan anak-anak.

 

 

Sasaran kegiatan peduli bencana dilakukan di dua lokasi yaitu Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kebumen. Pemberian bantuan di Kabupaten Purworejo khususnya di desa Jelok Kecamatan Kaligesing dilakukan kepada masyarakat yang mengalami musibah tanah longsor. Selain itu juga dilakukan di desa Gintungan Kecamatan Gebang kepada masyarakat yang mengalami musibah banjir. Sedangkan di wilayah Kabupaten Kebumen dilaksanakan di desa Kretek dan desa Bumiagung Kecamatan Ruwokele bantuan diberikan kepada masyarakat yang mengalami musibah bencana banjir. Kegiatan konseling krisis akan dapat berlangsung dengan baik apabila ada kerjasama dan sinergi anatara tim konselor dengan pemerintah daerah setempat dalam memberikan fasilitas yang dapat menunjang kegiatan tersebut. Kegiatan konseling krisis akan dilakukan dan dilanjutkan lagi setelah Idul Fitri.

Sumber: www.konselor.org